Senin, 22 Juni 2009

Indonesia Jadi Bagian Tim Keamanan Internet Dunia


Tangung jawab ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure) saat ini tidak lagi hanya mengurusi keamanan internet di Indonesia. Sebab, lembaga yang masih seumur jagung itu telah diterima sebagai anggota APCERT (Asia Pacific Computer Emergency Response Team).

Dengan demikian, ID-SIRTII telah menjadi bagian dari kegiatan keamanan internet di dunia. Melalui pertemuan pengurus APCERT yang diselenggarakan padatanggal 5 Maret 2009, ID-SIRTII telah disetujui sebagai 'General Member' APCERT.

Keanggotaan APCERT sendiri terbagi dalam dua kategori, yakni 'General Member' dan 'Full Member'. General Member adalah CSIRT (Computer Incident Response Team) atau CERTs (Computer Emergency Response Team) yang berada di negara Asia Pasifik.

Secara organisasi tidak ada perbedaan mendasar dari General member dan Full Member. Hanya saja General Member tidak memiliki hak untuk memilih atau dipilih di dalam kepengurusan APCERT. General Member pun bila dianggap telah memenuhi kriteria tertentu dapat menaikkan status keanggotaannya menjadi Full Member.

Roy Ko, Chairman APCERT yang juga Manager pada Hong Kong Cert (HKCERT) selaku perwakilan dari APCERT menyampaikan bahwa seluruh anggota APCERT memiliki peran untuk berbagi informasi dan pengetahuan di bidang keamanan internet untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan internet khususnya yang berkenaan dengan kegiatan pengamanan internet.

Ia menambahkan, pihaknya berharap dengan masuknya ID-SIRTII di dalam keanggotaan APCERT dapat terjalin kerjasama di antara organisasi CERTs/CSIRT baik di dalam maupun di luar APCERT.

Sebagai komitmen pada pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan kegiatan keamanan internet, ID-SIRTII bersama 7 penyedia jasa internet menyelenggarakan drill test pada 18 Juni 2009. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan di APCERT khususnya dalam penanganan insiden yang terindikasi sebagai sebuah serangan, termasuk strategi penanganan dan pengamanan terhadap serangan dimaksud.

Kegiatan drill test tersebut menurut rencana akan dilakukan beberapa kali dengan para penyedia jasa internet. Melalui kolaborasi dengan penyedia jasa internet, diharapkan pemanfaatan internet di Indonesia akan menjadi optimal. Dalam diskusi dengan para penyedia jasa internet, diharapkan pada drill test berikutnya dapat melibatkan penyedia jasa internet di seluruh Indonesia.

"Tentunya sebagai Coordination CERT, kita tidak bisa main-main lagi karena saat ini seluruh kegiatan ID-SIRTII yang berhubungan dengan kegiatan keamanan informasi dipantau oleh dunia internasional," tegas Eko Indrajit, Ketua Pelaksana ID-SIRTII dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (22/6/2009)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com