Minggu, 07 Juni 2009

Dalam Forum Global, Blogger Indonesia Terima Penghargaan



Bonn - Global Media Forum ke-2 diselenggarakan oleh Deutsche Welle ini di bekas ibukota Jerman, Bonn. Suasana internasional terlihat dalam acara yang dihadiri banyak tamu dari banyak negara di dunia. Acara yang berlangsung tanggal 3-5 Juni 2009 ini bertempat di World Conference Center (WCC), Bonn, Jerman, yang dahulu sempat menjadikantor parlemen Jerman.

Tema yang diangkat tahun ini adalah "Conflict Prevention in the Multimedia Age". Dunia jurnalisme kini mengalami transisi, karena suatu hal yang dianggap sebagai berita tak lagi dikuasai oleh media-media tradisional seperti koran, televisi, atau radio. Kini semua orang bisa menjadi reporter, dengan memanfaatkan beragam media baru.

Blog Voice of Africa, misalnya, memberdayakan warga dengan melakukan reportase melalui telepon genggam. Seorang blogger di Iran memanfaatkan blognya untuk membangun aksi sosial pembebasan ketiga rekannya yang kini ditahan karena terlalu bebas berekspresi.

Para pengguna Twitter di Amerika Serikat memanfaatkan microblogging populer itu untuk melakukan reportase cepat saat badai Katrina melanda. Beragam media baru, dari SMS, Facebook, blog hingga Twitter bisa dimanfaatkan untuk mempercepat komunikasi dan membangun interaksi sosial dengan cepat.

Di hari kedua acara ini (4 Juni 2009), tepat pukul 18.15 waktu setempat (di Indonesia berarti pukul 23.15 WIB) diselenggarakan pula seremoni penyerahan hadiah The BOBS Award. The BOBS adalah kompetisi blog internasional yang sempat diumumkan di akhir tahun 2008 kemarin.

The BOBS mencakup kategori Best Weblog, Reporters Without Borders, Best Podcast, Best Videoblog, dan 10 Best Weblog kategori bahasa. Salah satu kategori Bahasa adalah Best Weblog Bahasa Indonesia yang dimenangkan oleh media-ide.com.

Pada kesempatan ini, tidak semua pemenang bisa datang. Blogger dari China, Zeng Jinyan, yang memenangkan Best Weblog Reporters Without Borders serta pemenang utama Best Weblog, Yoani Sanchez dari Kuba, berhalangan datang. Keduanya tak diizinkan keluar oleh negara mereka masing-masing.

Penulis, Pitra Satvika, adalah pemilik blog Media-Ide.com yang memenangkan kategori Best Weblog Bahasa Indonesia.

sumber

3 komentar:

Admin mengatakan...

selamat :)

Unknown mengatakan...

nice post bro..b
terus maju dh blogger indonesia. .
cayo!!

attayaya mengatakan...

selamat untuk media-ide.
salut

Template by : kendhin x-template.blogspot.com